Skip to main content

" TOBATNYA PREMAN SEKOLAH "


Drama : " TOBATNYA PREMAN SEKOLAH " UNTUK 7 ORANG
Tema          :        Religi
Judul
                    :        Tobatnya Preman Sekolah
Penokohan
 :
1.      Abduh  (kasar)
2.      Roy (lemah lembut)
3.      Ibu. Syaroffah (penyabar)
4.   Rukmam (sombong)
5.   Vera (sombong)
/Bobi
6.   Rico (sombong)
7.   Rudi (kasar)
8.  Orang - orang ketika ibunya mati, yang sepatunya disemir dan
     orang di sekitar keramaian

Narator : Harap perhatian, Bioskop Sen3petal segera dimulai, masing – masing pemimpin pasukan menyiapkan pasukannya.
Tobatnya Preman Sekolah
Pagi pagi preman sekolah sudah membuat masalah . Mereka adalah Abduh dan
Rudi. Di depan pintu kelas, setiap orang yang mau masuk kelas harus membayar uang kepada Abduh dan Rudi jika mereka tidak ingin mendapat sebuah pukulan dimuka mereka. Dari kejauhan, tiga anak pejabat tinggi sedang berjalan menuju dalam kelas. Mereka adalah Rukmam, Bobi dan Rico Abduh dan Rudi telah menunggu mereka dari tadi.

Abduh           :           “ Hey! Apa kabar para pejabat cilik?(menghadang jalan mereka
bertiga) buru buru y?    kenapa buru buru sih santai aja lah?
(memeluk Rukmam) kita main main aja  dulu, bener gak Rud?”

Rudi                :          “ B
ener tuh, lagian bel masuk kan masih lama.”

Rukmam        :
        “Kenapa nih? Kenapa loe berdua hadang jalan kita berdua?”

Rudi                :
          “Pura pura ga tau atau loe emang ga tau ya? Nih kan daerah
                                    kita berdua. Loe pada sebagai  pendatang harus bayar pajak
                                    donk sama kita kita.”

Rico                  :         “Aturan nenek loe ya kali? Ini kan sekolahan ga ada pajak
                                    pajakan tau? Emang nih sekolahan punya nenek loe ya? Gue
                                    aja yang nyumbang banyak begini ga pernah narik pajak kayak
                                    loe berdua? Eh, loe berdua bocah ingusan dari kolong
                                    jembatan mau bertindak aneh aneh? Malas gue bayar?

Rudi                  :
       “ Apa loe barusan bilang? Bocah ingusan. Oke, jadi loe mau
                                    bayar ga nih. Gue tanya sekali lagi?”

Rico                   :
       “ Bayar? Malas ya mending uang gue buat beli bakso 10
                                    mangkok dari pada buat loe pada.”

Rudi                  
:       “Jadi gimana bos? (menoleh ke arah Abduh)

Abduh             
 :       “ (berjalan ke arah Rico dan memegang kerahnya) heh,
                                    gentong. Loe jangan sok berani main main sama kita berdua y?
                                    ini tanah emang bukan tanah nenek gue tapi ini daerah
                                    kekuasaan gue. Loe, sebagai pendatang mau ga mau harus
                                    bayar. Ya! Ga apa apa sih kalo le bertiga ga mau bayar, lagian
                                    hari ini kita juga belum punya kelinci percobaan.”

Rudi                  :
       “ loe berdua mau bayar kagak?” (kata rudi pada bobi dan
                                    Rukmam)
Bobi                  :        “Okey, gue mau bayar. Asal loe berdua mau lepasin kita
bertiga.”
Abduh              :        “Loe berdua boleh masuk setelah bayar tapi untuk si gentong
nggak. Kita mau main main dulu ama dia. loe keberatan?”
Bobi                :          (berbisik kepada Rukmam) “Gimana mam, kalo kita ga biarin
Rico bersama mereka bisa bisa kita bernasib sama kayak
mereka ntuh.”
Rukmam         :         “okey, loe bisa bawa Rico”
Abduh             :
        “Okey”
bobi                 :         (mengeluarkan selembar uang 10 ribuan dari dompetnya)
“Nih, duitnya!” (menyerahkan uang itu pada Rudi)
Rudi                 :         “Hah..hah..ha.. (mengatakan dengan nada tak percaya)“
10 ribu, ini ma duit cuma buat beli penthol lah gimana dengan
uang makannya? Loe kan anak pejabat minim uang saku kan
100 ribu. Kurang?”
Rukmam         :         “Gue aja deh yang bayar”(mengeluarkan uang 100ribu dari
dompetnya).
Rudi                 :         (mengambil uang 100ribu tersebut dengan cepat dari tangan
Rukmam) “Ini baru duit. Nah sekarang kalian boleh masuk”.
Rukmam         :         (berjalan masuk kalas sambil menengok Rico) “ sorry, co!! gue
kali ini ga bisa bantu.”
Bobi                 :         “Sorry, gue kali ini juga ga bisa bantu.”

Abduh             :
        “Rud, enaknya kita apain nih anak yang satu ini?”

Rudi                
:         (berpikir sejenak) “ di coreng coreng pake arang and kita bwt
di belakang bajunya bertuliskan saya orang gila dan kita suruh
dia keliling sekolah pake baju terbalik. Pasti nanti ntu heboh
banget. Hahahahahahaah” (ketawa terbahak bahak)

Abduh             :         “wkwkwkwk, oke laksanakan bro. tumben otak loe encer”
Rico                 :
         “Waduh, jangan deh rud. Nanti kalo gue pulang trus sakit
gimana? Gue bisa di marahin mami gue habis habisan? Ampuni
gue duh?”
Abduh            :          “Tak ada ampun lagi buatmu, dasar gentong”
Roy                 :           wahai teman-temanku..kita dilarang untuk saling menyakiti 1
sama lain siapa yg menzolimi nanti kelak dia akan dizolimi
Rudi                :           eh...manusia kotak loe tahu apa..udah pergi sana loe, loe mw
gua bwt seperti dia?? (kemudian roy pergi)
Akhirnya setelah mengerjai Rico habis habisan. Abduh dan rudi bukannya masuk kelas tapi bolos sekolah. Mereka pergi ke internet dan game station menggunakan uang yang mereka dapatkan tadi  buat minum minuman keras,rokok Hingga mereka berdua mabuk di tengah jalan. Keesokan harinya mereka baru pulang kerumah masing masing. Abduh telah ditunggu dari tadi malam oleh ibunya.

Ibu Syaroffah   :      “Dari mana aja kamu nak, kenapa baru pagi ini kamu barusan
pulang?”
Abduh               :       Sudahlah bu ga usah dipikirin. Males aku ngebahasnya.”
Ibu Syaroffah  
:      Ya sudah sekarang masuk yuk, kamu pasti laper kan? Sudah
ibu siapin tuh sarapan ntuh. Makanan kesukaan kamu.”
Abduh               :       Ga ah, Abduh masih kenyang kok. Sekarang Abduh minta duit
aja? Cuma 500 ribu aja. Males aku di rumah ngeladeni ibu yang
ngomel terus mending Abduh pergi sama temen temen. Udah cepet?” (nada membujuk kasar)
Ibu Syaroffah   :      “500 ribu katamu? Uang dari mana ibu dapat uang sebanyak
itu. ibu kan hanya seorang penjual jamu keliling.”
Abduh               :       “ Pokoknya Abduh ga mau tau, sekarang Abduh mau uang itu.
cepetan?”
Ibu Syaroffah   :      “ Ibu ga punya uang sebanyak itu nak?”
Abduh               :
      “Enggak, ibu pastii nyembunyiin sesuatu dari Abduh. (berjalan
menuju kamar ibunya)” Abduh lalu membongkar seluruh isi kamar ibunya. Setelah beberapa  lama ternyata dia menemukan sebuah cincin.
Ibu Syaroffah   :      “Jangan, jangan kau ambil cincin itu nak, itu adalah cincin
peninggalan ayahmu ketika ibu menikah dulu.” (sambil
merebut)
Abduh                :      “Argh…. Dasar orang tua bawel. Sudah Abduh mau pergi dulu.”
(mendorang ibunya hingga jatuh ke lantai)
Ibu Syaroffah   :      “Jangan Abduh, jangan kau jual cincin peninggalan bapakmu
itu. Ibu mohon, ibu mohon nak”( mengejar sambil menangis) Abduh meninggalkan ibunya begitu saja. Layaknya ia tidak mengenal ibunya lagi. Kemudian ia pergi ke pasar untuk menjual cincin itu. Lalu ia menelpon rudi.
Abduh               :       “Halo, rud. Loe lagi ngapain?”
Rudi                   :
      “ Gue lagi tidur tiduran aja, bosen gue ga ada kerjaan.”
Abduh               :
       “Bagus kalo begitu, loe sekarang ikut gue ke tongkrongan kita
minum minum sepuasnya disana nanti. Nyante aja gue yang
mbayarin kok”
Rudi                   :       “Hah… uang dari mana loe bisa traktir gue?”
Abduh               :
      “Udah, loe jangan banyak bacot. Loe cepet kesini. Gue udah di
depan rumah loe.”
Rudi                   :       “Okey, bos”

Akhirnya mereka pun pergi bersama ke diskotik hingga larut malam. Setelah puas seharian akhirnya mereka berdua pulang ke rumah masing masing. Mereka pulang dengan keadaan mabuk berat. Abduh sempat mu
ntah beberapa kali. Begitu pula dengan rudi. Ibu syaroffah yang stres melihat anaknya berubah menjadi nakal seperti itu. Pada waktu itu beliau masih memakai mukena  dan masih berdoa di kamarnya.

Abduh               :       “Ibu!!!… ibu!!! Abduh, anak ibu pulang nih” ( masuk nyelonong
dan bicara dalam keadaan mabuk)
Ibu Syaroffah   :      “ Kamu ini kenapa tho le? Kenapa kamu bisa mabuk mabuk an
seperti ini”
Abduh                :      Agh…. Pasti bawel, anak pulang bukannya di sambut dengan
ceria malah diomeli. Anak muda zaman sekarang ntu ga ada yang di nasehati. Eh.. ibu hobinya comel mlulu… bosen bu.” ( bicar sambil marah)
Ibu syaroffah   :      Astagfitullah…. Nyebut nak nyebut. Sekarang kamu mandi
dulu sana gih dan ganti pakaian ya? Habis ntu jangan lupa
shalat isya’,  ibu sudah lama ga pernah lihat kamu sholat lagi.”
Abduh               :       “ Aduh!! Ibu ini, bawel lagi… bawel lagi. Tak bilangin ya bu,
sekarang ntu dunia udah berubah, ga butuh shalat. Shalat itu
ga bisa datengain kita uang. Cuma buang buang waktu aja.
Kayak kita ini miskin trus. Udah ahg… dari pada dengerin ibu
yang bawelnya minta ampun Abduh mau tidur dulu aja.”
(berjalan menuju kamar dengan menclang menclong)
Ibu Syaroffah   :      “Astagfirullah Abduh…. Kenapa kamu bisa berubah kayak
begini nak? Hati hati kalo jalan. Sini biar ibu bantu kamu masuk
ke kamar.”
Abduh                :      “aghr….(mendorang hingga ibunya terjatuh) ga usah sok
meratiin. Abduh bisa jalan sendiri. Abduh ga perlu ibu miskin
seperti ibu.”( membentak)

Kelakukan Abduh semakin hari semakin menjadi jadi. Ibunya pun sakitnya semakin parah. Hingga suatu hari, sepulang sekolah Abduh pulang kerumah ingin meminta uang  kembali pada ibunya. Rudi berada di balakannya. Betapa kagetnya dia ketika melihat banyak orang tengah berkumpul di rumahnya.

Rudi                     :
    “Apaan ntuh, kenapa di rumah loe banyak sekali orang. Masak
orang orang lagi demo gara gara ibu loe ga bisa bayar cicilan
utang?”

Abduh                :      “Ngawur aja loe ( mendorong kepala rudi) mungkin sedang ada
arisan ibu ibu kali.. wah ini kesempatan bagus ntuh, gue bisa minta uang lebih dari ibu gue.kalo begitu ayo cepetan kita kesana”
Setelah masuk rumah, Betapa kagetnya dia melihat seorang wanita tua tergeletak tak berdaya di depan dirinya.
Ia semakin histeris ketika mengetahui kalau wanita itu adalah ibunya. Abduh pun tak percaya dan berjalan mendekati ibunya. Ia pun berlutut di depan mayat ibunya dan meminta maaf atas semua yang pernah ia perbuat. Ia menangis sejadi jadinya.
Abduh                :      Hiks….. hiks….. bu… maafkan aku bu… kenapa ibu lebih dulu
meninggalkan Abduh?… Abduh tak sanggup untuk hidup
sendirian. Bu…. Kenapa ibu harus mati… maafkanlah
kesalahanku selama ini… bu… selama ini Abduh telah menjadi
anak yang durhaka. Abduh jaji kali ini Abduh akan berubah
menjadi anak yang baik dan sholehah seperti yang ibu
inginkan.” (menangis tersedu-sedu)
Rudi                     :     Sudahlah duh, biarkan yang tejadi berlalu….”(belum selesai
ngomong)
Abduh                :      “argh….. biarkan aku sendiri.”

Sejak saat itu, Abduh dan Rudi berubah total, ia tidak pernah lagi membuat onar di sekolahnya. Ia menjadi anak yang sangat pendiam dan rajin belajar. Seluruh temannya begitu kaget. Mengapa Abduh dan Rudi bisa berubah? Tetapi ternyata banyak dari teman temannya yang memanfaatkan hal ini untuk membalas dendam terutama Rico, Rukmam dan Bobi

Rico                    :       Cuih, preman sekolah ternyata bisa tobat ya, apalagi preman
kayak loe berdua. Angin dari mana yang bisa membuat loe
berdua bisa tobat kayak begini”
Bobi                   :       “Paling-paling juga besok sudah menjadi preman lagi yang
paling ganas, tapi yakin aku ga akan takut lagi ama loe
berdua.”
Rukmam           :       “Shit, loe berdua mau berubah. Jangna ngaco loe pada. Gue ga
akan percaya selamanya kalo loe berdua bisa berubah menjadi
anak yang baik.”
Roy                    :        “Kalian ini, gimana sih? Mereka ini mau berubah malah diolok
olokin kayak gini. Orang yang niatnya baik itu hasurnya di
dukung donk jangan malah diolok olokin kayak gene. Syukur
syukur kalo dia tidak kembali seperti dulu.”
Bobi                   :       (mendorong pundak Roy) “ Eh… Loe ntu,  jangan munafik deh,
loe ntu sebenarnya juga punya dendam pribadi kan ama
mereka berdua? Ga usah di tutup tutupi kayak gene. Munafik
loe!”
Abduh                :      “Sudahlah Roy, tak usah kau hiraukan mereka. Mereka
memang pantas kok melakukannya, aku memang yang salah
kok. Untuk itu aku mau minta maaf kepada kalian bertiga atas 
semua yang telah aku perbuat kepada kalian?”
Roy                     :       “Tapi duh….”
Rudi                    :      “Abduh benar, aku juga mau minta maaf kepada kalian semua.
Dan kalian mau kan maafin kiita berdua? Kita tak ingin ada lagi
permusuhan di antara kita.”
Rico                     :      “Aku memaafkanmu? Jangan bermimpi deh loe aku aja yang
dulu minta maaf sambil berlutut aja malah loe kerjain abis
abisan. Sekarang loe berdua malah minta maaf ama gue tanpa
rasa salah apapun. Enak banget loe!”
Rukmam            :      Bener, co! gue juga males banget maafin mereka, balikin dulu
uang gue… baru loe minta maaf di depan gue sambil sujud,
mungkin gue bisa maafin loe berdua”
Bobi                    :      “Bener mam, gue juga ga rela maafin mereka sebelum kita bisa
membalas semua yang telah mereka lakukan kepada kita
bertiga.”
Rico                    :       “Sudah kita pergi aja yuk, ngapain kita harus ngurus masalah
mereka berdua kayak orang kurang kerjaan aja.”
Bobi                  :        “Kita ke kantin aja yuk, gue laper banget nih”
Rukman           :        “Ayo” (beranjak pergi)
Abduh              :        “roy, kenapa loe malah mbelain gue waktu mereka bertiga
menghina gue. Bukannya kita berdua ini juga sering nyekitin
hati loe?”
Rudi                :          “ Iya, kenapa loe ga ngolok kita berdua. Padahal loe kalo mau
kita ga akan balas kok. Silahkan aja!”
Roy                  :          “Sudahlah, tak usah kalian ungkit lagi masalah yang lalu itu,
biarlah yang lalu itu berlalu dengan sendirinya. Lagi pula aku
sudah tidak ada dendam lagi kok ama kalian berdua. Malah an
aku juga ikut seneng kalian bisa berubah seperti ini.”
Rudi                 :         “Loe emang teman yang baaik roy”
Roy                   :         “Jangan begitu”sudah menjadi kewajiban kita saling
membantu (allah berfirman watawasaubil haqi
watawasowbissabri) saling menasehatilah kepada yang benar
dan saling menasehatilah kepada yang haq, dan rasul bersabda
(almu’minu kal bunyani yasyudduhu ba’duhum ba’dho) jadi
orang mukmin itu bagaikan sebuah pondasi bangunan yang
satu sama lain saling menguatkan.
Suatu ketika, Abduh dan Rudi ini bertekad menjadi siswa terbaik se-Kabupaten dengan memiliki nilai UNAS terbaik. Ketika teman-temannya tahu, mereka tertawa terbahak bahak.

Rico                      :     Hahahaha… jadi loe berdua bertekad mau jadi yang terbaik
se-Kabupaten. Jangan bermimpi deh loe. Gue aja nih y? anak
terpandai satu sekolahan ga pernah ngimpi kayak begitu,
karena itu suatu yang tidak mungkin. Loe berdua kan
bodohnya minta ampun jangan berharap deh.”
Rukmam            :      “Gue aja nih ya? yang belajar tiap hari ga yakin bisa jadi yang
terbaik, ehh… elo yang masih cupu begitu mau jadi yang
terbaik. Sadar donk?”
Bobi                 :         “Kita aja anak pejabat yang setiap hari les di beberapa LBB  aja
ga yakin masuk 5 besar se-kabupaten. Elo yang bodohnya
berpangkat mau jadi yang terbaik. Paling paling lulus aja masih
kemungkinan.”
Rudi                 :         Memang kita dari golongan anak yang tidak mampu, tapi
ingat kesempatan itu datang kepada siapapun. Kalo emang loe
bisa, kenapa kita tidak bisa? Ya bisa dunk. Kita kan sama-sama
makan nasinya masak ga bisa sih.”
Rukmam          :        “Okey, kalo begitu kita bertarung siapa yang akan menjadi
yang terbaik.”
Abduh              :        “Oke, gue trima tantangan loe bertiga”
Rico                  :
        “Paling paling melawan mereka berdua kita tak perlu belajar
pun bisa menang, benar ga ?”
Bobi                   :       “Bener, ga usah belajar paling menang”

Untuk memenangkan pertarungan ini rudi dan Abduh harus belajar dengan giat. Tetapi masalahnya mereka tidak punya uang  sama sekali. Akhirnya mereka memutuskan untuk pergi menyemir spatu pada siang hari  dan belajar extra pada malam harinya.

Abduh               :
       (sedang menyemir sepatu)
Rudi                   :
       Panas banget duh, gue ga kuat lagi nih”
Abduh               :
       Tahan rud, demi mendapatkan kemenangan itu.”
Rudi                   :
       “ oke deh”

Ketika mereka sedang menyemir sepatuditengah keramaian, mereka bertemu dengan Vera, Rukmam dan Rico

Rico                  :         “hah… ternyata memang benar tidak perlu repot repot belajar
melawan kalian berdua.”
Bobi                 :         “Iya benar, kita kita aja siang siang begini mau pergi les, eh loe
berdua malah nyemir sepatu di tengah jalan. Ga tau malu loe?”
Rico                  :         “Ini gue punya uang 100ribu buat loe, gratis kok mumpung kita
lagi baik hati? nih ( menyodorkan uang 100ribuan ke arah rudi)
Rudi                 :         (menjulurkan tangan untuk mengambil uang tersebut)
Rico                  :         Cuih (meludah tepat diatas tangan Rudi). Hahahahahahahaha
makan ntu ludah gue”
Bobi & Rukmam:    “hahahahahahahah, mampus loe, mau aja dikerjain)

Rudi yang dari tadi kelelahan hampir lepas kendali, dia lalu menuju ke arah Rico dan ketika akan memukulnya aduh langsung menahannya dan melerainya. Rico dan teman temannya kemudian pergi.

Abduh                :      “Sudahlah rud, jangan kau ambil hati. Biarlah mereka
merasakanyang pernah kita rasakan sebelumnya. Sekarang
gantian biarlah kita merasakan apa yang telah mereka rasakan
dulu. Jadi sabar aja, oke?”
Rudi                     :     “Baiklah”

Setelah mati-matian mereka berdua mencari uang untuk membeli buku, akhirnya kesampaian juga. Mereka belajar dengan tekun tiap hari. Dan pada akhirnya mereka menjadi siswa terbaik  se-kabupaten sedangkan Vera, Rukmam dan Rico tidak lulus ujian nasional lantaran terlalu meremehkannya.

Roy                  :          “Selamat ya duh? (menyalami Abduh) selamat juga ya
rud?(menyalami rudi). Selamat kalian telah terpilih menjadi
siswa terbaik se-kabupaten.”
Abduh              :        Sama-sama ya Roy! Aku juga mau ngucapin trima kasih buat
elo yang mau nemenin kita belajar selama ini”
Rudi                  :        “Iya Roy kalo misalnya ya? kita tidak punya temen seperti
kamu mungkin kita ga bisa jadi yang terbaik seperti ini?”
Roy                   :         “Alah, jangan terlalu berlebihan namanya juga temen kita
harus saling tolong menolong.”
Abduh              :        eh.. Roy ngomong ngomong loe tau g dimana Rico, Vera ma
Rukmam.”
Roy                  :          “ em…. kayaknya sih tadi ada di kelas, mereka kayaknya sedih
banget deh setelah tau mereka tidak lulus”
Rudi                :          Syukurin… biar mereka tau rasa”
Abduh            :
         “Gimana kalo kita dekati mereka aja, kita hibur mereka.
Kasihan mereka.”

(Sampai di kelas)
Abduh                :
     Hai mam.”
Rukmam            :
     “Wat apa loe bertiga datang ke sini? Loe mau pamer y karena
udah jadi pemenang petarungan kita atoo loe mau ngolok
nglokin kita karena kita tidak lulus ujian nasional?”
Abduh                :      “Ga kok, gue d ateng ke sini  Cuma mau mnta maaf dan ingin
menghibur kalian semua . Habis dari tadi muka kalian murung
terus sih”
Rico                    :       “Emm… duh hati kalian baik banget y? sory y buat kesalahan
gue ke elo ma rudi. Gue khilaf duh… loe mau maafin gue kan?”
Bobi                    :      “ Gue juga mau minta maaf ya duh? ma loe rud? Loe berdua
mau maafin gue kan?”
Rukmam            :      “sorry ya duh! Gue udah nuduh loe dengan  yang tidak tidak.
Gue juga mau minta maaf atas semua salah gue ke elo?
Abduh                :      “Kita berdua mau kok maafin loe bertiga,  kita juga mau minta
maaf ya buat yang dulu dulu?”
Rico                    :       Iya kita udah maafin kok

Singkat cerita mereka dapat hidup rukun. Walaupun sebelumnya ada pertentangan di antara mereka dan akhirnya Abduh menjadi orang yang sukses dan dia terus mendoakan Ibu Bapaknya yang telah wafat agar mendapatkan surga Allah.....


Comments

Popular posts from this blog

Rooting Android

Android sedang populer di waktu-waktu ini. Mungkin Anda juga salah satu orang yang baru saja membeli perangkat mobile ( Tablet PC atau  Smartphone )  ber Sistem Operasi Android. Anda mungkin banyak mendengar dari para pengguna Android yang menyarankan Anda untuk melakukan " Rooting " pada perangkat Anda namun Anda masih kurang jelas apa itu Root? Manfaat apa saja yang didapatkan? Resikonya apa? Serta, bagaimana cara melakukannya. Tulisan ini bertujuan untuk menjawab semua pertanyaaan Anda ini. Semoga dapat bermanfaat dan Anda dapat mengerti dengan jelas mengenai Rooting dan mampu memutuskan apakah Anda membutuhkan akses Root atau tidak.  Dengan pengalaman Saya yang sudah pernah memiliki dan menggunakan 4 perangkat Android sejak tahun 2010, (Acer Liquid E, HTC Desire Z, Acer Iconia A500 dan HTC Sensation XE with Beats Audio), saya akan mencoba untuk berbagi pengetahuan dengan bahasa yang lebih sederhana dan diharapkan dapat dimengerti oleh pengguna

Ucapan Selamat

Setiap tanggal 25 Desember identik dengan pohon natal yang dihiasi berbagai pernak-pernik lampu hias tak lupa juga dengan kantung-kantung sepatunya dan juga sinterklas. Sinterklas yang dalam mitos di masyarakat yang akan membawa berbagai macam mainan untuk anak-anak dan mengabulkan do'a-do'a mereka yang meminta. Seragam kebesaran sinterklas tak luput dari pesanan para order yang terkadang dikenakan petugas swalayan, minimarket dan tempat - tempat belanja besar lainnya dihadirkan untuk memarakkan hari jadi 25 Desember dan Tahun baru yang hanya dalam hitungan hari. Dalam suatu kartu ucapan Selamat Natal selalu dikaitkan dengan Selamat Tahun Baru. Sebenarnya tak ada yang istimewa di tanggal tersebut hanya saja masyarakat yang terlalu berlebihan dalam menyambutnya. Bukankah kita seharusnya sadar bahwa sudah setahun kita lewati dan ingat apa yang telah diperbuat apakah amalan atau dosa? dan pencapaian apa yang telah teraih di tahun itu bukan malah sebaliknya.  Dulu, saat saya m

Perekaman e-KTP

Seharian mengurus e-KTP atau KTP elektronik membuatku lelah. Sampai pagi ini saja aku harus bangun jam 9:00, entah janji dan usaha hari ini yang ingin berjualan lagi kayaknya tak terlaksana coz badan ini masih berada di pembaringan. Perlu sobat blogger ketahui, bahwa setelah mendapatkan surat rekomendasi ketua RT aku langsung menuju rumah pak RW untuk mendapatkan cap stempel dan tanda tangan. Setelah mendapatkannya aku bergegas menuju kantor kelurahan. Sesampainya di kantor kelurahan mendapati belum ada siapa - siapa, hanya petugas bersih - bersih saja yang sedang mengepel lantai. Jam pagi itu masih menunjukkan pukul 07:48, em tidak ada kerjaan maka aku mulai membuka lembar kerja dan mengetik beberapa artikel untuk di postingkan sambil memperdengarkan musik. Daripada galau tak menentu maka aku berinisiatif untuk pergi mengisi bahan bakar premium bensin di dekat lokasi tepatnya samping Mall Top100, cukup sibuk juga pagi itu yang mendapat antrian 10. Lama menunggu akhirnya giliran men