Skip to main content

Aktivitas Setelah Berada di Kota Djogyakarta



Pagi ini pada hari Jum’at, 22 Mei 2009 pukul 06.00.
Ini adalah hari pertama saya berada di kota Djogyakarta, mudah – mudahan hari ini berjalan dengan mulus tanpa halangan apapun Amin. Kakakku mulai beraktivitas seperi biasa setelah seharian kemarin melalui perjalanan jauh dari Purbalingga ke Djogyakarta. Setelah mandi dia langsung memerintahkan saya untuk mengambil beras sebanyak kurang lebih tiga kepal tangan. Kemudian beras tersebut saya cuci dengan air yang ada di keran. Semula saya tidak menyangka akan mengerjakan kegiatan yang seperti ini, karena biasanya di rumah Ibu setelah bangun pagi semua sudah siap di atas meja makan. Tidak seperti pagi ini, saya bertugas mencuci piring, memasak nasi lalu dia membeli beberapa lauk – pauk yang sudah masak di sebuah warung makan yang ada di depan kos – kosan (maklum anak laki –laki jadi lebih baik yang praktis saja). Setelah nasi yang dimasak dengan menggunakan Rice Cooker sudah matang. Maka tidak membutuhkan waktu yang lama piring kami sudah terisi oleh nasi dan berbagai lauk - pauk khas Djogyakarta.
Setelah sarapan pagi selesai dikerjakan tepat pada pukul 09.00, dia berangkat kuliah untuk mengumpulkan berbagai tugas termasuk mengejar mata kuliah. Semuanya sudah jelas bahwa hari ini saya hanya berada di kos – kosan saja. Memang banyak yang berpikiran jika di rumah terus sangat membosankan apalagi ini bukan rumah melainkan sebuah kos. Tetapi apa boleh buat, jika saya mencoba keluar takut salah jalan dan tersesat yang didapat. Jadi dari pada tersesat di jalan lebih baik tersesat di kamar. Lagi pula hari ini hari Jum’at dan siang ini akan melaksanakan sholat Jum’at.
Pada pukul 10.30 akhirnya dia pulang dari kampus dengan membawa berbagai tugas baru dari dosennya. Sehingga pada saat saya sedang bermain komputer dia langsung mengambil alih seperti seorang bawahan yang diambil alih oleh pemimpinnya. Tetapi sebenarnya dia hanya ingin mengerjakan tugas barunya saja.
Setelah satu jam dia mengerjakan komputer barulah saya bahwa akan tiba waktu sholat Jum’at. Berarti sekarang tepat jam 11.30 dan masih ada waktu tiga puluh menit untuk mandi dan berangkat menuju ke sebuah Masjid. Setelah mandi, mengambil air wudhu dan mengenakan sarung sekaligus pakaian muslim. Tepat pada pukul 11.45 saya sudah berada di depan Masjid siap masuk dengan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu sambil membaca do’a masuk Masjid. Sesampainya di Masjid saya langsung mengerjakan sholat Takhiyatul Masjid dan ini sangat jarang dikerjakan tetapi entah kenapa setelah saya berada di sini keinginan untuk mengerjakannya itu muncul. Selesai mengerjakannya saya mulai mendengarkan khotbah Jum’at dengan tetap terjaga, diam tanpa banyak bicara karena inti dari sholat Jum’at itu sendiri yaitu khotbahnya. Jika kita di dalam mendengarkan khotbah Jum’at sambil berbicara, bermain, mengganggu teman atau kegiatan lainnya. Berarti kita telah melupakan inti dari sholat Jum’at dan tidak mendapatkan pahala. Oleh karena itu, janganlah kita terlambat dalam menghadiri sholat Jum’at. Kita di sini saya tujukan kepada para Adam saja karena di sekolah saya setiap kali diadakan sholat Jum’at kaum Hawa hanya mengikuti kegiatan Keputrian yang diselenggarakan oleh guru. Alhamdulillah sampai khotbah selesai pada pukul 12.35 saya tetap dalam keadaan terjaga. Sholat Jum’at segera didirikan dan setiap orang diwajibkan menutup kekosongan shof yang ada di depannya. Dahulukan shof depan yang lebih utama karena pahala yang didapat sangatlah besar dibandingkan yang berada di belakang tidak akan memperoleh apa – apa.
Selesai sholat Jum’at saya keluar dari Masjid dengan mendahulukan kaki kiri sambil membaca do’a keluar Masjid. Saya pulang ke kos – kosan yang berada tidak jauh dari Masjid. Sesampainya di kos kami makan siang bersama. Dan setelah itu, dia sudah siap dengan menggandeng sebuah tas. Sudah jelas sepertinya saya akan ditinggal sendiri lagi di kos ini karena dia ada acara.
Untungnya di kamar kakakku ini ada yang menemani sehingga saya tidak kesepian yaitu sebuah perangkat komputer lengkap dengan monitor yang bagus merek sebuah perusahaan ternama, printer dan Head Seat untuk menikmati berbagai macam aliran musik. Sayangnya komputer ini tidak dilengkapi oleh fasilitas untuk berinternet, sehingga sedikit tidak begitu asyik.
Seharian penuh berjalan – jalan di dalam komputer akhirnya pada pukul 15.00. Saya menghentikan kegiatan apapun karena adzan Ashar sedang dikumandangkan. Sehingga terlebih dahulu mematikan komputer dan kemudian mengambil air wudhu. Setelah mengambil air wudhu lalu mengerjakan sholat Ashar secara makmum di kamar kakakku.
Setelah melaksanakan sholat Ashar, tiba pada pukul 15.30 kakakku pulang dari kuliah. Kemudian dia langsung meminta saya untuk mempersiapkan pakaian, karena kami akan pergi untuk berenang. Tujuan kami yaitu sebuah kolam berenang milik fisis UNY. Setelah kami sampai di kolam berenang kakakku langsung membuka baju yang dikenakannya dan sekarang hanya mengenakan Boxer saja. Saya juga dimintanya untuk melakukan apa yang dilakukannya. Dia tanpa basa – basi langsung menyebur ke dalam kolam. Lalu meminta saya untuk masuk kedalam kolam juga. Akan tetapi, setelah masuk ke dalam kolam. Saya langsung dihadapkan dengan kolam yang semula mengira dangkal ternyata dalam. Dan hampir saja saya tenggelam kehabisan nafas karena tidak bisa berenang. Pada saat itu saya hanya mendapat perasaan malu yang begitu sangat memalukan.
Karena saya yang tidak bisa berenang maka kakakku tanpa sungkan – sungkan mau mengajarkan bagaimana cara berenang. Setelah lama belajar berenang, saya yang sudah merasa kedinginan dengan tetap tenang mempertahankan agar terasa panas. Maka tidak lama kemudian kakakku tahu bahwa saya sudah sangat kedinginan sehingga meminta untuk meninggalkan kolam menuju ke atas yaitu pinggir kolam.
Selesai berenang kami berjalan menuju sebuah ruang mandi yang ada di tempat tersebut. Lalu mengganti pakaian kami dengan pakaian kering yang sudah dibawa dari kos – kosan. Setelah mengganti pakaian, kami tidak ingin berlama – lama di sini karena jam yang sudah menunjukkan pukul 17.30 dan sebentar lagi akan tiba waktu sholat Maghrib. Jadi kami langsung pulang menuju ke tempat kos kakakku. Dalam perjalanan kami sudah mendengar suara adzan yang dikumandangkan entah berasal dari mana suara tersebut. Alhamdulillah setelah kami sampai langsung mengerjakan sholat Maghrib dan mengerjakan kegiatan yang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah 15 Fakta Seputar Remaja Masa Kini

Remaja teladan adalah, ketika telponan dengan pacar dia juga nyambi smsan sama selingkuhan. Inilah jaman dimana remaja lebih Merenungkan kenangan bersama mantan, ketimbang kenangan masa kejayaan kerajaan majapahit. Inilah jaman dimana remaja sering menggenggam handphone, ketimbang menggenggam tangan pacarnya. Inilah jaman dimana Anak remaja Indonesia sekarang pacaran selalu panggil mama papa, tapi gak tau berapa harga popok buat bayi nya. Inilah jaman dimana remaja lebih memilih update status sebelum makan, ketimbang membaca doa sebelum makan. Inilah jaman dimana anak muda Jaman sekarang lebih mengingat jasa-jasa Mantan daripada jasa-jasa Pasukan Majapahit. Inilah jaman dimana Wanita Remaja Indonesia lebih memilih memakai Behel dari pada memakai Beha. Inilah jaman dimana wanita remaja sekarang takut kehilangan HP nya di banding kehilangan keperawanannya. Inilah jaman dimana remaja tunduk karna handphone, dan bukan tunduk pada nasihat orang tua. Inilah jaman dimana

Rooting Android

Android sedang populer di waktu-waktu ini. Mungkin Anda juga salah satu orang yang baru saja membeli perangkat mobile ( Tablet PC atau  Smartphone )  ber Sistem Operasi Android. Anda mungkin banyak mendengar dari para pengguna Android yang menyarankan Anda untuk melakukan " Rooting " pada perangkat Anda namun Anda masih kurang jelas apa itu Root? Manfaat apa saja yang didapatkan? Resikonya apa? Serta, bagaimana cara melakukannya. Tulisan ini bertujuan untuk menjawab semua pertanyaaan Anda ini. Semoga dapat bermanfaat dan Anda dapat mengerti dengan jelas mengenai Rooting dan mampu memutuskan apakah Anda membutuhkan akses Root atau tidak.  Dengan pengalaman Saya yang sudah pernah memiliki dan menggunakan 4 perangkat Android sejak tahun 2010, (Acer Liquid E, HTC Desire Z, Acer Iconia A500 dan HTC Sensation XE with Beats Audio), saya akan mencoba untuk berbagi pengetahuan dengan bahasa yang lebih sederhana dan diharapkan dapat dimengerti oleh pengguna

Lagu Buat AYAH by Seventeen

Lagu yang diupload sejak 18 Juli 2012 ini telah mendapat viewer yang banyak, tidak hanya itu berbagai komentar yang datang pun beragam. Single lepas dari SEVENTEEN, sebagai jembatan ke Album terbaru. Lagu "AYAH" sebelumnya ada di dalam album "Lelaki Hebat". ini adalah versi terbaru. dengan nuansa akustik piano dengan latar string section. Artis : SEVENTEEN Lagu : Ayah Label : MAHAKARYA Management : Seventeen Management PH : Sharugo Visual Motion Director : Aditya Testarossa